MENGKONVERSI LINTANG BUJUR DI GPS





MENGKONVERSI NILAI DERAJAT, MENIT DAN DETIK PADA GPS KEDALAM KOORDINAT (LINTANG-BUJUR) DAN DESIMAL
 Image result for HOW TO CONVERT GPS TO DMS

Garis lintang dan bujur dinyatakan dalam hitungan derajat (°), menit ('), dan detik (") (DD ° MM' SS ") pada peta laut. Banyak teknologi baru, seperti perangkat GPS, telepon mobile, dan beberapa situs Web, menyatakan garis lintang dan bujur dalam format desimal, menunjukkan jumlah derajat dan pecahan derajat (DD.DDD °), atau dalam derajat, menit, dan pecahan  menit (DD ° MM. MM ').
Bagian di bawah ini akan menunjukkan bagaimana seseorang mengkonversi dari satu hitungan ke hitungan yang lain. Sementara ada beberapa situs Web yang akan melakukan konversi ini, berguna untuk memahami aritmatika dibalik konversi.
Poin penting yang harus diingat saat mengkonversi dari satu hitungan ke hitungan lainnya adalah bahwa sebuah derajat adalah terdiri dari 60 menit, masing-masing dibagi lagi menjadi 60 detik. Oleh karena itu,  satu derajat terdiri dari 3.600 detik. Untuk mendapatkan bagian kecil derajat, Anda perlu menemukan jumlahnya detik dan dibagi dengan 3600. Untuk mendapatkan pecahan semenit, Anda perlu membagi jumlah detik dengan 60.

Mengkonversi DMS ke Desimal dan GPS
Sebuah contoh, Lokasi bangkai kapal O.J. Walker berada pada koordinat  44 ° 28' 43" LU  dan  073° 14' 26" BB. Hitungan DMS, berapakah garis lintang dan bujur dalam hitungan desimal dan GPS?
Untuk menentukan hitungan desimal, ubah menit dan detik menjadi seperseratus  derajat, dan hanya jumlah detik yang dibagi dengan 3600.
Untuk mengonversi ke GPS, ubah detik menjadi sepersekian menit, yang hanya detik detiknya dibagi 60

Contoh 1:
 44 ° 28' 43 "
Pecahan derajat = (menit × 60 + detik) ÷ 3600
= (28 × 60 + 43) ÷ 3600
= (1680 + 43) ÷ 3600
= 0,4786666666 ...

Desimal = derajat + Pecahan derajat
= 44 + 0,478666666 ...
= 44.479 °
Pecahan menit
= detik ÷ 60
= 43 ÷ 60
= 0.71666666 ...

GPS = derajat, menit + Pecahan menit
= 44, 28 + 0.71666666 ...
= 44 ° 28.71667 '

Contoh 2:
73 ° 14' 26 "
Pecahan derajat = (14 × 60 + 26) ÷ 3600
= (840 + 26) ÷ 3600
= 0.24055555 ...
Desimal = 73 + 0,24055555 ...
= 73.241 °
Pecahan menit = 26 ÷ 60
= 0.4333333 ...
GPS = 73, 14 + 0.4333333 ...
= 73 ° 14.43333 '



Mengonversi Desimal ke DMS dan GPS
Lokasi bangkai kapal Phoenix dilaporkan pada koordinat (44.666 ° LU dan 073.335 ° BB) dalam hitungan desimal. Berapakah garis lintang dan bujur dalam hitungan DMS dan GPS?
Konversi dari hitungan desimal ke hitungan DMS dan GPS adalah kebalikan dari contoh atas. Bagian tersulit adalah mengubah pecahan derajat kembali ke menit dan detik.
Untuk mendapatkan nilai DMS,, konversikan kembali pecahan ke detik dengan mengalikan 3600, dan kemudian membagi dengan 60; Jumlah menit adalah keseluruhan bilangan dari jawaban dan jumlahnya detik adalah sisa.
Untuk mendapatkan nilai GPS, konversikan kembali pecahan ke detik dengan mengalikan dengan 60

Contoh 1:
44.666 °
Menit dan detik = pecahan derajat × 60
= 0,666 × 60
= 39,96 menit
menit = 39
detik = (0,96 × 60)
= 57,6

DMS = derajat, menit, detik
= 44 ° 39'58 "
GPS = derajat, menit dandetik
= 44, 39.96000
= 44 ° 39.96000 '

Contoh 2:
73.335 °
Menit dan detik = 0.335 × 60
= 20.1
menit = 20
detik = 0,1 × 60 = 6
DMS = 73 ° 20'06 "
GPS = 73, 20.10000
= 73 ° 20.10000 '

Konversi GPS ke DMS dan Desimal
Lokasi kecelakaan Horse Ferry dilaporkan pada koordinat (44 ° 29.12000'LU, dan 073 ° 14.58000'BB) di GPS.
hitungan Berapakah garis lintang dan bujur dalam DMS dan hitungan desimal?
Untuk mendapatkan nilai DMS, konversikan pecahan pecahan detik ke detik aktual dengan mengalikan dengan 60.
Untuk mendapatkan nilai desimal, konversikan menit (termasuk pecahan satu menit) ke  satu pecahan dengan membagi dengan 60.

Contoh 1:
44 ° 29.12000 '
detik = pecahan menit × 60
= 0,12 × 60
= 7.2
DMS = derajat, menit, detik
= 44 ° 29'07 "
Desimal = derajat + (menit + pecahan menit) ÷ 60
= 44 + (29,12 ÷ 60)
= 44 + 0.48533333...
= 44.485°

Example 2: 73°14.58000'
detik = 0.58 × 60
= 34.8
DMS = 73°14'35"
Decimal = 73 + (14.58 ÷ 60)
= 73 + 0.243
= 73.243°

Pustaka
Calder, N. (2012). How to Read a Nautical Chart, 2nd ed. Camden, ME: International Marine/Ragged Mountain Press.
Cutler, T.J. (2003). Dutton's Nautical Navigation, 15th ed. Annapolis, MD: Naval Institute Press.
Gary C. Kessler A Short Course on Nautical Charts and Basic Plotting For the Recreational Boater Version 3.4 (2016) http://www.garykessler.net/scuba

Maloney, E.S., Janssen, P.A., and Eaton, J. (eds.) (2013). Chapman Piloting & Seamanship, 67th ed. New York: Hearst.
Meeus, J. (1999). Astronomical Algorithms, 2nd ed. Richmond, VA:
Sobel, D. (1995). Longitude: The True Story of a Lone Genius Who Solved the Greatest Scientific Problem of His Time. New York: Walker & Co.
U.S. Coast Guard. (n.d.). Navigation Rules -- International and Inland Waters. Retrieved from http://www.navcen.uscg.gov/pdf/navrules/navrules.pdf
Willmann-Bell. NOAA. (2011). Wandering of the Geomagnetic Poles. National Geophysical Data Center. Retrieved fromttp://www.ngdc.noaa.gov/geomag/ Geomagnetic Poles.shtml

Comments

  1. Thank you kak artikel tentang MENGKONVERSI LINTANG BUJUR DI GPS nya sangat bermanfaat. Perkenalkan kak nama saya Monalisa Nim : 1822500038 dari ISB Atma Luhur

    ReplyDelete
  2. Terima kasih mas sofian komentnya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Karakteristik Biologi Ikan Tuna

Bubu Lipat

LAMPU DALAM AIR